Pendapat Mengenai Jumlah Raka�at Shalat Tarawih

Pendapat Mengenai Jumlah Raka�at Shalat Tarawih . Jadi, shalat tarawih 11 atau 13 raka�at yang dilakukan oleh Nabi shallallahu �alaihi wa sallam bukanlah pembatasan. Sehingga para ulama dalam pembatasan jumlah raka�at shalat tarawih ada beberapa pendapat.

Pendapat pertama, yang membatasi hanya sebelas raka�at. Alasannya karena inilah yang dilakukan oleh Nabi shallallahu �alaihi wa sallam. Inilah pendapat Syaikh Al Albani dalam kitab beliau Shalatut Tarawaih.
Pendapat kedua, shalat tarawih adalah 20 raka�at (belum termasuk witir). Inilah pendapat mayoritas ulama semacam Ats Tsauri, Al Mubarok, Asy Syafi�i, Ash-haabur Ro�yi, juga diriwayatkan dari �Umar, �Ali dan sahabat lainnya. Bahkan pendapat ini adalah kesepakatan (ijma�) para sahabat.
Al Kasaani mengatakan, ��Umar mengumpulkan para sahabat untuk melaksanakan qiyam Ramadhan lalu diimami oleh Ubay bin Ka�ab radhiyallahu Ta�ala �anhu. Lalu shalat tersebut dilaksanakan 20 raka�at. Tidak ada seorang pun yang mengingkarinya sehingga pendapat ini menjadi ijma� atau kesepakatan para sahabat.�
Ad Dasuuqiy dan lainnya mengatakan, �Shalat tarawih dengan 20 raka�at inilah yang menjadi amalan para sahabat dan tabi�in.�
Ibnu �Abidin mengatakan, �Shalat tarawih dengan 20 raka�at inilah yang dilakukan di timur dan barat.�
�Ali As Sanhuriy mengatakan, �Jumlah 20 raka�at inilah yang menjadi amalan manusia dan terus menerus dilakukan hingga sekarang ini di berbagai negeri.�
Al Hanabilah mengatakan, �Shalat tarawih 20 raka�at inilah yang dilakukan dan dihadiri banyak sahabat. Sehingga hal ini menjadi ijma� atau kesepakatan sahabat. Dalil yang menunjukkan hal ini amatlah banyak.�
Pendapat ketiga, shalat tarawih adalah 39 raka�at dan sudah termasuk witir. Inilah pendapat Imam Malik. Beliau memiliki dalil dari riwayat Daud bin Qois, dikeluarkan oleh Ibnu Abi Syaibah dan riwayatnya shahih.
Pendapat keempat, shalat tarawih adalah 40 raka�at dan belum termasuk witir. Sebagaimana hal ini dilakukan oleh �Abdurrahman bin Al Aswad shalat malam sebanyak 40 raka�at dan beliau witir 7 raka�at. Bahkan Imam Ahmad bin Hambal melaksanakan shalat malam di bulan Ramadhan dengan jumlah raka�at yang tak terhitung  sebagaimana dikatakan oleh �Abdullah, anaknya.
Kesimpulan dari pendapat-pendapat yang ada sebagaimana dikatakan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, �Semua jumlah raka�at di atas boleh dilakukan. Melaksanakan shalat malam di bulan Ramadhan dengan berbagai macam cara tadi itu sangat bagus. Dan memang lebih utama adalah melaksanakan shalat malam sesuai dengan kondisi para jama�ah. Kalau jama�ah kemungkinan senang dengan raka�at-raka�at yang panjang, maka lebih bagus melakukan shalat malam dengan 10 raka�at ditambah dengan witir 3 raka�at, sebagaimana hal ini dipraktekkan oleh Nabi shallallahu �alaihi wa sallam sendiri di bulan Ramdhan dan bulan lainnya. Dalam kondisi seperti itu, demikianlah yang terbaik.
Namun apabila para jama�ah tidak mampu melaksanakan raka�at-raka�at yang panjang, maka melaksanakan shalat malam dengan 20 raka�at itulah yang lebih utama. Seperti inilah yang banyak dipraktekkan oleh banyak ulama. Shalat malam dengan 20 raka�at adalah jalan pertengahan antara jumlah raka�at shalat malam yang sepuluh dan yang empat puluh. Kalaupun seseorang melaksanakan shalat malam dengan 40 raka�at atau lebih, itu juga diperbolehkan dan tidak dikatakan makruh sedikitpun. Bahkan para ulama juga telah menegaskan dibolehkannya hal ini semisal Imam Ahmad dan ulama lainnya.
Oleh karena itu, barangsiapa yang menyangka bahwa shalat malam di bulan Ramadhan memiliki batasan bilangan tertentu dari Nabi shallallahu �alaihi wa sallam sehingga tidak boleh lebih atau kurang dari 11 raka�at, maka sungguh dia telah keliru.�
Dari penjelasan di atas kami katakan, hendaknya setiap muslim bersikap arif dan bijak dalam menyikapi permasalahan ini.  Sungguh tidak tepatlah kelakuan sebagian saudara kami yang berpisah dari jama�ah shalat tarawih setelah melaksanakan shalat 8 atau 10 raka�at karena mungkin dia tidak mau mengikuti imam yang melaksanakan shalat 23 raka�at atau dia sendiri ingin melaksanakan shalat 23 raka�at di rumah.
Sumber : http://muslim.or.id/ramadhan/shalat-tarawih-2-11-atau-23-rakaat.html#_ftn10 
Sumber ilustrasi : http://artikelassunnah.blogspot.com/2012/07/jumlah-rakaat-shalat-tarawih-pilihan.html
NB : Artikel ini hasil copy paste sebagian (sub pembahasan/penggalan) dari link sumber di atas.

0 komentar:

Posting Komentar