Penerapan Strategi Belajar Tuntas
Penerapan Strategi Belajar Tuntas . Model pembelajaran ini dikembangkan oleh John B. Caroll (1971) dan Benjamnin Bloom (1971). Belajar tuntas menyajikan suatu cara yang menarik dan ringkas untuk meningkatkan unjuk kerja siswa ke tingkat pencapaian suatu pokok bahasan yang lebih memuaskan (Joice and Weil, 1995). Model pembelajaran ini terdiri atas lima tahap, yaitu (a) orientasi (orientation), (b) penyajian (presentation), (c) latihan terstruktur (structured practice), (d) latihan terbimbing (guided practice), dan (e) latihan mandiri (independent practice).
Berikut ini penerapan di kelas dari strategi tersebut.
No | Tahap Siklus Belajar | Kegiatan Guru | Kegiatan Siswa |
1 | Orientasi | Menetapkan isi pembelajaran | Bertanya tentang isi pembelajaran |
Meninjau ulang pembelajaran sebelumnya | Mengingat kembali pembelajaran sebelumnya | ||
Menetapkan tujuan pembelajaran | Memahami tujuan pembelajaran yang harus dicapai | ||
Menetapkan langkah-langkah pembelajaran | Bertanya atau mendiskusikan langkah-langkah pembelajaran | ||
2 | Penyajian | Menjelaskan / memeragakan konsep/keterampilan baru. | Memperhatikan, bertanya |
Menggunakan media visual / audiovisual untuk menjelaskan tugas. | Memperhatikan, bertanya | ||
Mengevaluasi tingkat unjuk kerja siswa. | Menjawab tes yang diberikan guru | ||
3 | Latihan Terstruktur | Guru memberikan contoh langkah-langkah penting dalam menyelesaikan tugas/soal. | Memperhatikan, bertanya, mendiskusikan |
Guru memberikan pertanyaan pada siswa | Menjawab pertanyaan guru | ||
Guru memberikan umpan balik (yang bersifat korektif) atas kesalahan siswa dan mendorongnya untuk menjawab dengan benar setiap tugas yang diberikan. | Mencermati umpan balik dari guru, jika ada hal yang belum jelas bertanya lagi pada guru. | ||
4 | Latihan Terbimbing | Guru memberikan tugas | Siswa mengerjakan tugas dengan semi bimbingan |
Guru mengawasi semua siswa secara merata | Siswa mengerjakan tugas dengan semi bimbingan. | ||
Guru memberikan umpan balik, memuji dan sebagainya | Mencermati umpan balik dari guru, jika ada hal yang belum jelas bertanya lagi pada guru. | ||
5 | Latihan Mandiri | Guru member tugas mandiri | Siswa mengerjakan tugas di kelas / di rumah secara mandiri. |
Guru memeriksa dan jika perlu memberikan umpan balik atas hasil kerja siswa | Mencermati umpan balik darin guru, jika ada hal yang belum jelas bertanya lagi pada guru. | ||
Guru memberikan beberapa tugas mandiri sebagai alat untuk meningkatkan retensi siswa. | Mengerjakan tugas yang diberikan secara mandiri. |
Artikel ini lanjutan dari posting sebelumnya Belajar Tuntas (Mastery Learning). Untuk mengetahui uraian tahap-tahap (a) sampai dengan (e) di atas silahkan KLIK Belajar Tuntas (Mastery Learning).
Sumber :
Wena, Made. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara. (Halaman : 186-187).
0 komentar:
Posting Komentar